Thursday, 27 August 2015

Awas Beresiko, Segera Hapus 5 Aplikasi Ini Dari HP Android Kamu!

Berbagai macam smartphone Android sudah diluncurkan sejak OS besutan Google ini mulai meroket popularitasnya sejak 2008 silam. Dan kesemuanya telah memiliki fitur cerdas ter-sendiri. Namun perlu diingat sebagian besar masih punya banyak sekali kelemahan seperti baterai yang lemah, prosessor yang lemah sampai memori Internal yang sedikit.

Selain itu, aplikasi yang banyak juga mampu membuat HP kamu berjalan lebih cepat, saya juga sudah memberikan tips-tipsnya di dalam artikel tersebut ( baca: Tips Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Android Anda )

Awas Beresiko, Segera Hapus 5 Aplikasi Ini Dari HP Android Kamu!
Dan hendaknya dengan membaca artikel tersebut kamu mampu lebih bijak dalam menggunakan smartphone kamu.

Seperti yang saya dapat dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa Aplikasi yang memiliki resiko tidak baik bagi smartphone kamu.

1. Aplikasi Sosial Media 

Aplikasi Sosial Media menguras baterai

Kebanyakan ketika kita membeli sebuah HP, didalamnya sudah diisi dengan berbagai aplikasi sosial media seperti salah satunya Facebook, ya facebook sebenarnya memiliki tampilan web browser yang cukup bagus dan stabil sehingga tidak kalah dengan aplikasi selulernya yang memakan terlalu banyak memakan memori. 
aplikasi facebook memakan banyak memori
Terlalu banyak memakan memori

Jadi alangkah bijaknya jika kalian membuka facebook-mu melalui browser saja agar tidak memakan memori dan baterai berlebihan.

2. Aplikasi Cuaca

Aplikasi Cuaca

Seperti yang kita ketahui, memang aplikasi ini cukup bermanfaat bagi orang yang suka bepergian, seperti mengetahui apakah kita cocok pakai baju tipis, atau memakai payung karena ultraviolet yang tinggi dan masih banyak lagi.

Namun untuk mendapatkan info itu, aplikasi tersebut perlu memakan internet dan juga baterai kamu, apalagi jika aplikasi tersebut terpampang jelas di Homescreen. saran gunakan saja Google now untuk info cuaca.

 3. Anti-virus Gratis atau Premium

Anti-virus Gratis atau Premium

Smartphone terbaik tentu memiliki anti-virus, apakah persepsi itu betul? aku rasa tidak!. Kenapa? pasalnya Google sendiri selaku induk Android menegaskan bahwa OS mereka tidak membutuhkan anti-virus, mereka juga menegaskan bahwa sebelum sebuah aplikasi masuk google play, mereka telah mendeteksi akan adanya virus, jadi hanya yang lolos seleksi-lah yang bisa masuk google play.

Maka dari itu unduhlah semua aplikasi anda dari Google playstore. Agar anda terhindar dari virus, jangan mendownload dari luar playstore karena file tersebut bisa saja ter-infeksi virus. Jadi tidak usah menginstall antivirus baik gratis bahkan premium karena cuman menguras memori dan baterai saja.

4. Aplikasi Pembersih dan Mempercepat Android

Aplikasi pembersih dan percepat secara interface memang sangat memberikan kesan yang benar-benar menjanjikan, memang aplikasi berjalan dengan benar dan mudah, tapi aplikasi ini kebanyakan hanya menghapus cached aplikasi ( data tersembunyi ) yang ditinggalkan oleh aplikasi yang telah dihapus.

Sebenarnya cara tersebut bisa dilakukan manual, dengan masuk ke "settings" - "apps" - "downloaded" lalu pilih aplikasi yang akan dihapus chace data nya.

Jadi daripada meng-install aplikasi pembersih dan percepat android, lebih baik anda melakukannya dengan manual, hitung-hitung olahraga tangan. Karena aplikasi tersebut akan selalu berjalan setiap saat sehingga menghabiskan daya batterai dan juga iklan-iklannya yang memotong kuota internet anda.

 5. Aplikasi Browser Bawaan Android

Aplikasi Browser Bawaan Android
 
Seperti yang kita ketahui, setiap smartphone Android memiliki aplikasi bawaan termasuk Google Crome dan browser. Melirik dari versi Desktop nya, Google Crome memakan memori yang sangat besar ketimbang pesaingnya, hal serupa juga terjadi di versi Android-nya.

Memang Crome di Android memiliki banyak fitur tapi karena memakan baterai dan memori yang banyak. Disarankan menginstall browser lainnya yang jauh lebih ringan seperti UC browser dan masih banyak lagi.

Akhir Kata..

Jadi,alangkah pentingnya sebuah kebijakan dalam menggunakan smartphone untuk-mu, tidak cuman hanya di dunia nyata. Apabila kamu memiliki tips lain, harap berkomentar dibawah agar dapat bermanfaat bagi yang lainnya.

Terima kasih

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.