Friday, 28 August 2015

Cara Mengembalikan Root (Unroot) Di Android dan Menghapus Super User

Root atau dalam bahasa inggris artinya 'akar', jadi nge-root itu sama dengan mencabut akar dari android,dimana dengan mencabut akar tersebut, hp android kamu akan dapat kamu bongkar dan atur sesuka hati.

Fitur yang kamu dapatkan setelah me-root android kamu yaitu menambah RAM, Custom ROM, menambah tema dan masih banyak lainnya.Ya, smartphone kamu dapat berjalan se-maksimal mungkin dan powerfull. Namun katanya me-root Android dapat memberikan efek samping.

Tapi, kebanyakan dari mereka yang telah men-root Androidnya, sengaja mengembalikan Root nya karena berbagai alasan, mulai dari ingin dijual kembali hp androidnya supaya harga jual tidak turun, sampai yang menyesal telah melakukan rooting karena takut garansi pabrik hangus dan juga ingin meng-update OTA yang mau tak mau harus di unroot.

 Me- Unroot sendiri sudah disediakan oleh aplikasi Rootnya seperti SuperOneClick, namun hal tersebut tidaklah cukup karena masih meninggalkan jejak yaitu superuser.apk yang masih bertahan di sistem.
Cara Mengembalikan Root (Unroot) Di Android dan Menghapus Super User

Kenapa? karena saat melakukan rooting, aplikasi tersebut telah tersimpang sebagai aplikasi sistem. Sehingga perlu sedikit memutar otak untuk melakukan itu. Cara menghapus aplikasi superuser.apk akan saya bahas juga dalam artikel ini.

Nah berikut kita simak langkah-langkah melakukan Unroot device Android Kamu

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Software Unroot di PC seperti SuperOneClick 
  • Aplikasi Root Explorer yang bisa didapatkan di Google Playstrore Atau Mount System di playstore.
  • Device dalam keadaan Root, jika kamu sudah me-unroot tapi superuser.apk masih ada, silahkan root kembali.
  • USB untuk menghubungkan HP android kamu ke PC
Nah sekarang kita sudah siap, mari inilah

 Cara Mengembalikan Root (Unroot) Di Android

1. Download Aplikasi Root Explorer nya di Playstore
2. Setelah itu jalankan aplikasinya, dan lakukan mounting dari r/o ke r/w yaitu dengan klik mout r/w di bagian atas (perlu diingat fitur ini hanya dapat diaktifkan pada mode yangs udah berbayar,kamu bisa mencari versi pro nya atau bisa menggunakan aplikasi lain dengan mencari keyword Mount System)
3. Setelah itu pilih direktori system/app kemudian hapus superuser.apk (pastikan sudah r/w) dan hapus, selanjutnya silahkan ubah lagi mount r/w ke mount r/o.
hapus superuser.apk

4. Selanjutnya jalan aplikasi SuperOneClick, pastikan HP Android kamu terhubung dengan baik ke PC melalui USB, jika sudah klik unroot pada software tersebut.
5.  Tunggu prosesnya, kemudian restart hp kamu.
6. Kemudian lakukan reset pabrik.
 7. Untuk men-check apakah android kamu benar-benar telah unroot bisa cek dengan aplikasi Root Checker di Playstore.



Akhir Kata..

Sekarang HP Android kita sudah kembali seperti semua alias sudah Unroot dan jejak superuser.apk nya sudah hilang. Jika kamu mengalami kesulitan,silahkan berkomentar dibawah agar kita saling membantu, sekian terima kasih.

Cara Mengembalikan Root (Unroot) Di Android dan Menghapus Super User

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.